1. Pencurian Listrik, Penyebab Utama Kebakaran di Jakarta

Pencurian Listrik, Penyebab Utama Kebakaran di Jakarta

SENIN, 19 SEPTEMBER 2011 00:39 WIB

 

JAKARTA – Mayoritas pemicu kebakaran di DKI Jakarta dan sekitarnya adalah banyaknya warga yang mencuri listrik. “Pemicu utama kebakaran 60 persen akibat korsleting listrik. Masyarakat di perumahan padat penduduk umumnya mengutak-atik listriknya. Itu termasuk pencurian listrik,” kata Kepala Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran DKI Jakarta, Paimin Napitupulu di Jakarta. Oleh karena itu seperti diberitakan vivanews.com, Jumat (16/9),  Pemerintah Provinsi DKI akan merazia dan menertibkan sambungan listrik di lima kawasan ibukota.

Paimin mengatakan pada musim kemarau seperti ini, apabila terjadi kebakaran maka api cepat meluas sehingga banyak harta benda dilalap si jago merah. Ia berharap PLN lebih tegas dalam memenuhi permintaan warga terhadap pemasangan sambungan listrik. “Menurut penelusuran petugas kami di lapangan, material yang mereka pakai itu bukan standar, banyak tumpukan sambungan listrik. Listrik di kawasan padat itu kebanyakan cantolan, ditumpuk-tumpuk,” terangnya.

Untuk ke depannya, dikatakan Paimin, Pemprov DKI akan menerapkan law enforcement bagi warga yang masih melakukan pencurian listrik. Pihaknya dalam hal ini telah melakukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah DKI Fadjar Panjaitan untuk membahas sanksi yang akan diberlakukan. “Dalam waktu dekat akan diberlakukan, sudah disusun peraturannya,” tambah dia. Dalam pertemuan itu, terang Paimin, juga dibahas mengenai peraturan permohonan sambungan listrik yang akan diperketat.

Dalam waktu dekat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menggelar razia pencurian listrik bersama PLN. “Itu harus ditindak. Seandainya mereka mengambil dengan legal, harus ada keterangan dari RT/RW,” ujar Paimin.  Penertiban itu akan dilakukan di lokasi yang dianggap rawan kebakaran. Di Jakarta, kata Paimin, ada 35 dari 267 kelurahan yang dianggap rawan kebakaran. Di antaranya Kelurahan Tambora, Penjaringan, Cakung, Cilincing, Pademangan, dan Cengkareng. (PSJ)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s