Bagaimana perkembangan Transjakarta selama ini

Transjakarta yang menjadi salah satu solusi yang diberikan oleh pemda DKI Jakarta untuk mengurangi kemacetan yang semakin tak terkendali. Di dalam perjalanannya selama 8 tahun, Transjakarta Busway sudah melayani 11 koridor dengan total panjang lintasan 184,31 km yang merupakan lintasan terpanjang di dunia dalam sistem BRT, serta telah mengangkut penumpang rata-rata 350.000 orang per hari. Berikut hasil wawancara dengan Istiana (23), pelanggan setia Transjakarta yang sudah menggunakan selama 5 tahun.

Maaf mengganggu mbak istiana, apa kabarnya?

  • Baik kok,

Saya mau tanya langsung ke Istiana yang sudah malang melintang selama 5 tahun naik busway, gimana perkembangannya dari awal sampai sekarang?

  • Pengalaman saya selama naik Transjakarta secara umum belum terlihat perubahan yang lebih baik ya.

Berarti masih banyak kekurangannya ya? Bisa diceritakan?

  • Iya, saya sebagai pengguna merasa interval waktu kedatangan bis masih sangat lama. Pada jam-jam kosong biasanya 10 menit sekali bis datang. Tetapi pada jam sibuk, 30 menit sekali bis baru datang, itupun belum tentu  kami masih bisa masuk kedalam bis. AC yang seharusnya dingin, juga mulai terasa panas. Kalau dahulu kita biasa mendengar suara yang membunyikan pemberhentian selanjutnya, sekarang rasanya sudah ngga pernah ada tuh.

Bagaimana dengan jumlah armadanya?

  • Armada yang ada memang bisa dikatakan bertambah, walupun belum begitu signifikan. Tetapi tidak sebanding dengan jumlah pengguna bis transjakarta yang terus bertambah setiap tahun. Bisa dilihat dari jumlah penumpang maksimal yang naik. seharusnya satu bis ditumpangi 80 orang, tetapi pada jam padat bisa dimuati sampai dengan 125 orang. Bisa jadi ini penyebab bis transjakarta lebih cepat rusak sebelum waktunya.

Pernah mengalami mogok kah?

  • Aduh pernah tuh. Pas bis nya mogok, seluruh penumpang harus lompat ke bis lain.

Ohya lompat?

  • Hehe sebetulnya ngga lompat juga, tapi pindah ke bis lainnya cuma karena letak pintunya yang tinggi jadi seolah-olah lompat. Bis yang jadi penolong akan berada di samping bis yang mogok dan keluar dari jalus busway.

Mengenai supirnya bagaimana?

  • Cara berkendara supir tentu mempengaruhi kenyamanan kami para penumpang. Selama pengalaman saya sih tidak semuanya terasa ugal-ugalan. Jadi tergantung karakter mengemudi supirnya.

Sering diberitakan banyaknya kecelakaan antara bis dengan kendaraan lain, terutama motor. Bagaimana tuh?

  • Selama saya naik syukur-syukur ngga pernah ngalamin sendiri sih. Tapi beberapa kali hampir kejadian. Sebagian besar penyebabnya karena kendaraan lain yang memaksa menyebrang padahal sudah di beri klakson dari jauh. Jelas kendaraan sebesar Tranjakarta tidak akan mudah mengerem dalam jarak yang pendek. Ini yang mengakibatkan kendaraan lain jadi celaka.

Haltenya sendiri bagaimana?

  • Sekarang ini saya lihat semuanya rata-rata diperbaiki ya, mungkin ada hubungannya dengan pilkada DKI kemarin. Ohya, harga karcisnya juga belum pernah naik kok. tetap di Rp. 2.000 – Rp. 3.500. Walaupun sempat ada isu akan dinaikkan menjadi Rp. 5.000 tapi sampai sekarang hanya menjadi isu.

Punya pengalaman menarik? Misal bertemu pencopet gitu?

  • Oh iya, pernah beberapa kali ada yang teriak kecopetan di dalam bis. Alhasil semua yang berdiri, terutama kaum Adam diperiksa semua isi tas dan kantong baju serta jaketnya. Tapi biasanya kami-kami para wanita ngga pernah diperiksa sih. Lain cerita ada yang ketahuan dan sempat mau kabur, tapi buru-buru diamankan petugas. Mungkin beda nasibnya kalau copet di bis Kopaja kali ya.

Oke deh. Terima kasih ya udah mau berbagi waktu dan ceritanya soal Transjakarta.

  • Sama – sama mas Fahmi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s