Napak Tilas Pangkal Perjuangan Karawang Bekasi 10.11.12 – 10 Nopember 2012

 

Napak Tilas Pangkal Perjuangan Karawang Bekasi 10.11.12 – Tribute to Hari Pahlawan

Dukung dan Ikuti Long March Karawang-Bekasi dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2012 yang diselenggarakan oleh Gerakan Fajar Nusantara dan DHN 45

”Bangsa yang besar adalah Bangsa yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya”. Demikian sebuah ungkapan yang sarat makna dari Proklamator bangsa Indonesia Soekarno, yang sesungguhnya mengandung amanat tentang betapa pentingnya suatu bangsa (khususnya bangsa Indonesia) untuk terus belajar dan belajar dari pengalaman sejarah dalam meniti kehidupan dan penghidupannya mengarungi gelombang kehidupan masa mendatang yang penuh dinamika dan tantangan.

“Salah satu dinamika dan tantangan terberat yang kini dan akan terus dihadapi bangsa Indonesia adalah gejala hilangnya identitas dan jati diri bangsa.”

Realitasnya terlihat bahwa atas nama demokratisasi dan keterbukaan, Indonesia telah kehilangan identitas dan jati dirinya sebagai negara kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Karena sikap dan perilaku anarkisme dan superioritas hedonisme telah menjadi gaya hidup di hampir semua lapisan masyarakat Indonesia, yang senantiasa menyelesaikan masalahnya dengan cara-cara yang tidak beradab melalui tawuran massal, tindakan anarkis.

Gaya hidup yang cenderung menjadi budaya baru itu telah melekat serta menjadi ciri kehidupan bangsa Indonesia pada saat ini. Mencerminkan hilangnya tatanan kehidupan politik dan kenegaraan kita dari pondasi ideologi dan falsafah hidup Bangsa Pancasila, yang mengikrarkan diri sebagai bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai Ketuhanan YME dan kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan dan kesatuan bangsa, serta kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.

Kecenderungan hilangnya jati diri bangsa Indonesia yang sama kita hadapi dalam hidup berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara itu kemudian menuntut kita semua untuk bersatu-padu menggelorakan kembali semangat perjuangan para pendahulu bangsa Indonesia yang rela berkorban jiwa dan raga demi merebut kemerdekaan dari tangan kolonialisme Belanda.

Dengan mengenang dan menggelorakan semangat perjuangan dan jasa para pahlawan bangsa setidaknya akan bisa mengingatkan kembali bangsa dan rakyat Indonesia tentang [B]nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara yang seharusnya dianut dan menjadi jati diri bangsa, yakni nilai-nilai Proklamasi 17 Agustus 1945, Pancasila dan UUD 1945.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s